Psikologi PAK dalam Pendidikan Karakter untuk Mengembangkan Nilai-Nilai, Integritas, dan Kebajikan-kebajikan Penting
DOI:
https://doi.org/10.62926/jtct.v1i1.33Kata Kunci:
Psikologi PAK, Pendidikan Karakter, Transformasi Moral diriAbstrak
Artikel ini membahas peran penting karakter sebagai transformasi moral diri dalam pembangunan individu, berfokus pada pendidikan karakter di sekolah. Proses transformasi moral diri melibatkan refleksi nilai-nilai moral, pengembangan holistik, dan pembentukan kebiasaan positif. Artikel ini juga mencermati peran psikologi Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam mendukung pembentukan karakter dengan perspektif ilmiah yang mendalam. Metode penelitian yang diterapkan adalah studi pustaka dengan menyelidiki berbagai sumber literatur terkait pendidikan karakter. Kesimpulannya, pendidikan karakter menjadi kunci strategis dalam menghadapi kompleksitas dunia modern dan membangun masyarakat yang adil dan bermoral.
Unduhan
Referensi
Agustina, Maritanisa. “Perbandingan Model VCT dan Model Moral Reasoning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dengan Memperhatikan Konsep Diri Siswa pada Pembelajaran IPS.” Tesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, t.t.
Cahyono, A.S. “Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia.” Publiciana 9, no. 1 (2016): 140–57.
Fauziah, Siti Ulfah, Siti Qomariyah, Rubi Babullah, Najrul Jimatul Rizki, dan Ujang Natadireja. “Konsep Pendidikan Holistik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assajidin Sukabumi.” Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1, no. 5 (2023): 33–44.
G.P., Harianto. Teologi PAK. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2021.
Hasanah, Nur. “Peran Tripusat Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 02 Yogyakarta.” Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia, 2020.
Hengki Wijaya dan Helaluddin Helaluddin. “Hakikat Pendidikan Karakter.” Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 24 Mei 2018.
Homrighausen, E.G, dan I.H Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2023.
Kandi, Resekiani Mas Bakar, dan Marsha Ayu Rizkika. Pengantar Psikologi Umum. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2023.
Latif, Zakiah. Guru, Bawa Aku Ke Pintu Terdepan. Jakarta: Edu Pustaka, 2016.
Lickona, Thomas. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Lusia Rahajeng. “Psikologi Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga yang Berkarakter.” Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 2 (19 Februari 2022): 66–86. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i2.46.
Nafsaka, Zayin, Kambali Kambali, Sayudin Sayudin, dan Aurelia Widya Astuti. “Dinamika Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern.” Jurnal Impresi Indonesia 2, no. 9 (30 September 2023): 903–14. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211.
Pello, S. Henderina A., Philipus Sunardi, dan Junius Nayoan. “Peran Gereja dalam Pembangunan Karakter sebagai Bentuk Tanggung Jawab Membangun Bangsa.” Prosiding Pelita Bangsa 1, no. 2 (30 Desember 2021): 156. https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.515.
Saat, Sulaiman, dan Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian. Sulawesi Selatan: Pustaka Almaida, 2020.
Sianipar, Desi. “Peran Pendidikan Agama Kristen di Gereja dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (1 Maret 2020): 73–92. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1769.
Simanjuntak, Junihot. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.
Sofiyana, Marinda Sari, Sukhoiri, Novita Aswan, dan Bangun Munthe. Metodologi Penelitian Pendidikan. Disunting oleh Ariyanto. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022.
Stephanus Turibius Rahmat. “Pola Asuh yang Efektif untuk Mendidik Anak di Era Digital.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10, no. 2 (22 Juli 2019): 143–61. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.166.
Sutton, Matthew Lewis, dan William L. Portier. Handing On the Faith. New York: Orbis Books, 2013.
Tim PPK Kemendikbud. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Mengengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Turistiati, Ade Tuti , Angel Septia Anggreani, Eyora Jasmine Nan Kinasih, “Pelatihan Membangun Karakter Anak dengan NLP (Neuro Linguistic Programming) Untuk Anggota TP-PKK Desa Kumutug Lor Banyumas,” Jurnal Publikasi Pendidikan 11 No. 2 (Juni 2021): 132.
Yogi, Supra. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah dan Pembelajaran PPKN di SMAN 1 Teladan Yogyakarta.” Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.